Wednesday, July 1, 2009

Video klip murah & kreatif menggunakan fasilitas umum

Nama band musik Get Out Clause mungkin tidak banyak yang tahu. Band ini merupakan sebuah band independent dari Inggris yang seperti semua band indie, berjuang meraih fame & fortune di dunia musik. Mungkin belum sampai seterkenal Muse atau Coldplay, namun Get Out Clause paling tidak telah terkenal di YouTube dan banyak pemerhati media baru lainnya. Video klip dari band ini di YouTube telah dilihat oleh lebih dari 20.000 pengunjung YouTube hanya dalam waktu 24 jam. Apa yang membuat video klip mereka menjadi istimewa? Karena mereka membuat video klip dengan memanfaatkan kamera pengawas (CCTV surveillance cameras) yang biasa dipasang di tempat-tempat umum sebagai tindakan untuk mencegah kriminalitas dan tindakan hukum lainnya.

Di Inggris terdapat lebih dari 13 juta kamera CCTV yang dipasang di tempat-tempat umum oleh pihak otoritas setempat. Keberadaan kamera yang sangat banyak ini kemudian dimanfaatkan oleh band ini untuk merekam video klip mereka. Dengan membawa alat musik yang mereka miliki dari mic sampai drum kit, mereka lalu performing di 80 lokasi berbeda (dari bus umum sampai taksi) yang terdapat kamera CCTV. Karena di lokasi tersebut terdapat kamera CCTV maka aksi performance mereka kemudian terekam oleh kamera-kamera tersebut. Lalu bagaimana mereka bisa mendapatkan rekaman tersebut dari pihak otoritas? Hal tersebut dimungkinkan karena di Inggris terdapat undang-undang yang disebut dengan Data Protection Act yang mirip dengan aturan Freedom of Information Act yang ada di Amerika Serikat. Aturan ini memberikan setiap individu hak akses terhadap semua informasi yang dikumpulkan mengenai individu tersebut.

Ide mengenai video dengan menggunakan kamera CCTV mungkin bukan sebuah ide baru karena film dengan judul "Look" dibuat dengan menggunakan sudut pandang kamera CCTV. Namun yang menarik adalah ide kreatif pemanfaatan fasilitas umum yang tujuannya serius atau bisa dikatakan bersifat totalitarian karena digunakan untuk pihak penguasa untuk mengawasi rakyatnya, menjadi sebuah konsep meta art. Konsep meta art yang sama yang digunakan oleh Warhol hingga Bansky.

(via The Future of Media)

0 comments: