Wednesday, July 15, 2009

Modem ZTE MF622 tiba-tiba mati

Salah satu yang jadi kebiasaan saya didepan komputer adalah multitasking. Walaupun spek PC nggak bagus-bagus amat (Atlhon 64 +3000, RAM 1Gb, VGA 6600GT 128Mb), biasanya saya membiarkan modem dalam keadaan connected ke internet, browser Firefox terbuka dengan minimal tab Gmail dan Greader aktif. Lalu sambil nunggu update di browser saya biasanya juga sambil main PES2009 full screen.

Pada suatu ketika kira-kira 3 hari lalu dalam keadaan desktop multitasking seperti itu, tiba-tiba modem disconnected. Biasanya hal seperti ini sering terjadi. Tinggal connect lagi dan semuanya akan kembali normal. Namun saat itu muncul keanehan. Indikator modem di interface tampak berwarna merah. Hal ini menunjukkan bahwa modem dalam keadaan tidak terdeteksi oleh PC. Hal yang biasa saya lakukan adalah mencabut modem, close interface dan diamkan beberapa saat sebelum saya plugin lagi modem ke USB. Setelah itu run interface modem, namun lagi-lagi modem tidak terdetek. Dicoba berulang kali sampai melakukan hard boot juga tidak ada pengaruh.

Karena di interface modem menunjukkan tidak ada modem yang terdetek saya coba langung ke Device Manager (OS yang saya pakai Windows XP SP3). Disana terbukti dibagian modem ternyata tidak ada nama modem ZTE MF622. Dengan kata lain driver modem di komputer secara tiba-tiba terhapus entah bagaimana. Karena modem sudah tidak ada di device manager maka tentu saja langkah berikutnya yang terpikirkan adalah menginstall ulang driver modem. Driver modem ZTE MF622 ada di dalam modem tersebut yang apabila diplugin ke USB akan terbaca sebagai USB storage. Proses instalasi driverpun berjalan normal tanpa ada masalah. Restart komputer. Dan yang terjadi adalah sama saja, alias modem tetap tidak terdetek oleh komputer. Saya lihat lagi di device manager dan memang tetap tidak ada nama modem ZTE MF622 disitu.

Kemudian berikutnya saya coba kutak katik lagi, mulai dari instalasi driver dari hard disk sampai menggunakan driver modem dari bawaan modem ZTE MF622 bawaan operator Three. Hasilnya tetap nihil, modem selalu tidak terdeteksi oleh komputer. Dari hasil pengamatan, setiap kali modem di plugin ke USB, komputer selalu hanya mengenalinya sebagai USB storage berupa CD Drive (bisa dilihat di Device Manager) dan tidak pernah kemudian mengenalinya sebagai sebuah modem USB. Proses deteksi selalu berhenti sampai disitu sehingga tidak terjadi proses instalasi driver modem yang seharusnya dilakukan setelah itu. Karena itu, saya berpikir bahwa proses deteksi sebagai USB Storage (CD Drive) jangan sampai terjadi, sehingga langkahnya langsung skip ke proses deteksi sebagai modem. Dengan demikian komputer yang mengenalinya sebagai modem akan melakukan instalasi driver untuk modemnya.

Untuk itu yang saya lakukan adalah dengan men-disable CD ROM Drive ZTE yang ada di Device Manager. Agar entry CD ROM Drive ZTE ini muncul di Device Manager, modem harus terlebih dahulu di plugin ke USB port. Setelah itu masuk ke Start Menu > Control Panel > System > Hardware lalu klik Device Manager. Lalu buka entri DVD/CD ROM Drive, klik kanan ZTE CD Drive lalu pilih Disable. Cabut modem dari USB port kemudian saya diamkan beberapa menit. Berikutnya plugin modem ke USB port dan walaaaa!!! Modem langsung terdetek oleh komputer dan proses instalasi driverpun langsung berjalan dengan otomatis dan semuanya kembali normal.

Yang saya tetap tidak tahu kenapa driver modem bisa tiba-tiba terhapus pada saat keadaan modem sedang terkoneksi. Apakah ini ada hubungannya dengan kebiasaan multitasking yang menghabiskan resource komputer? Entahlah, yang jelas sekarang kalo main PES 2009 saya tidak pernah lagi sambil dalam keadaan modem terkoneksi :)

1 comments:

Anonymous said...

makasih banyak bos..
modem ane jadi ke detect lagi..